Subscribe RSS
Kiat Aman Belanja Sambut Hari Belanja Online Nasional Nov 28

Banyaknya e-commerce saat ini salah satunya disebabkan karena perkembangan teknologi dan juga jaringan internet yang semakin cepat. Sebanding dengan banyaknya toko online yang ada di Indonesia, terjadi peningkatan transaksi online yang dilakukan oleh konsumen. Salah satu momen yang ditunggu oleh para konsumen online adalah saat hari belanja online nasional atau yang lebih dikenal dengan nama Harbolnas.

Kiat Aman Belanja Sambut Hari Belanja Online Nasional

Harbolnas sendiri diselenggarakan pertama kali di Indonesia pada tahun 2012 dan dari tahun ke tahun, jumlah toko online yang ikut berpartisipasi juga semakin banyak. Terdapat beberapa keresahan yang ditakutkan oleh konsumen, diantaranya adalah adanya fake discount, pengiriman, pembayaran serta kualitas barang atau produk. Agar bisa berbelanja online dengan lebih aman dan nyaman saat promo & diskon harbolnas 2017 berlangsung terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Kiat belanja online aman

Pertama adalah cari toko online yang menurut Anda terpercaya. Sebagai pelaku dalam transaksi online umumnya konsumen sudah pernah melakukan transaksi di beberapa e-commerce yang ada di Indonesia sehingga bisa membandingkan mana online shop yang tepat untuk Anda sebagai konsumen.

Karena hal tersebut, sebelum Anda mulai untuk belanja online di online shop tersebut pastikan online shop tersebut terpercaya terutama untuk jenis marketplace yang memiliki penjual yang banyak yang menjual beragam jenis produk yang sama dengan harga yang bervariasi.

Untuk membeli di marketplace saat hari belanja online nasional, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan, diantaranya adalah:

  • Reputasi dari penjual tersebut. Apakah penjual yang ada di marketplace tersebut termasuk penjual yang memiliki reputasi yang bagus atau tidak.
  • Cek bagian penilaian dari konsumen. Anda bisa mengecek bagian yang kurang bagus atau bintang 1 untuk tahu kekurangan dari produk di tempat tersebut kemudian cek bagian gambarnya, apakah produk sesuai dengan produk yang ditawarkan atau tidak.
  • Cek apakah penjual tersebut responsive atau tidak. Hal ini akan sangat membantu Anda terutama jika nantinya Anda kurang beruntung dan mendapatkan produk yang cacat atau salah produk sehingga Anda bisa segera menukarkan barang yang Anda terima tersebut dengan barang yang baru sesuai dengan pesanan Anda.

Kedua dalah waspadai email yang dikirimkan ke Anda. Saat Anda selesai bertransaksi biasanya Anda akan mendapatkan pemberitahuan seperti yang ada di aplikasi mengenai barang akan segera dikirim dalam jangka waktu tertentu.

Dalam waktu penantian barang bisa saja da pesan ataupun email yang dikirimkan ke akun Anda mengenai informasi barang pesanan Anda atau adanya konfirmasi pemesanan barang yang tampak seperti pernyataan resmi e-commerce tempat dimana Anda melakukan jual beli.

Akan tetapi, jangan sekali-kali untuk mengunduh file yang terlampir tersebut karena data diri Anda bisa tercuri dan digunakan untuk kepentingan yang tidak bertanggung jawab. Jikapun ada, sebaiknya Anda tanyakan langsung ke pihak e-commerce apakah benar mengirimkan email tersebut atau tidak.

Ketiga adalah waspadai phising. Phising merupakan modus penipuan dengan cara menyamar sebagai pihak yang terpercaya dengan tujuan untuk mendapatkan informasi yang penting seperti kata sandi. Walaupun ada beberapa situs belanja online yang memang menawarkan voucher dengan memasukkan informasi seperti email, namun beberapa situs palsu menggunakan cara tersebut dengan menawarkan voucher belanja gratis palsu dan mengambil data diri anda.

Untuk menghindari hal tersebut, pastikan jika Anda tidak sembarangan memasukkan data yang diminta dan pastikan melakukan belanja online di online shop terpercaya pada hari belanja online nasional.

Did you like this? Share it:
Category: Info  | Tags: ,
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply » Log in

*